Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp97.799.000
+0.01%
Ethereum (ETH)
Rp3.064.043
0%
Litecoin (LTC)
Rp806.353
+2.62%
DigitalCash (DASH)
Rp2.336.418
+0.67%
Monero (XMR)
Rp1.580.432
+1.63%
Nxt (NXT)
Rp912
-0.57%
Ethereum Classic (ETC)
Rp145.818
+1.11%
Dogecoin (DOGE)
Rp69
+6.5%
ZCash (ZEC)
Rp1.819.061
+2.65%
Bitshares (BTS)
Rp1.485
+1.3%
DigiByte (DGB)
Rp373
+1.03%
Ripple (XRP)
Rp6.886
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp245.674
+0.5%
PeerCoin (PPC)
Rp13.516
-3.28%
CraigsCoin (CRAIG)
Rp19
+0.49%

Cara Investasi Saat Kondisi Pasar Volatile

0 16

Untuk menjadi investor hebat, diperlukan ketepatan strategi dalam berbagai kondisi, baik itu saat pasar sedang normal maupun terjadi pergerakan harga tidak menentu (volatile market). Bagaimana cara investasi pada saat kondisi pasar sedang mengalami pergerakan harga tak menentu? Ini tipsnya.

Seorang investor harus dapat menyesuaikan pola pikir dan memfokuskan pada apa yang penting selama masa sulit. Ada banyak berita yang akan menyebabkan rasa takut dan membingungkan bagi para investor. Walaupun sulit, lebih baik hindari sensasi tersebut.

Berikut ini beberapa cara investasi pada saat kondisi pasar mengalami pergerakan harga yang berubah-ubah dengan cepat.

Koreksi itu Normal

Alih-alih takut pada penurunan berikutnya, tunggulah momen. Pasar akan turun 3-5% secara reguler. Ketakutan akan terjadinya crash pasar setiap saat adalah usaha yang sia-sia untuk mengatur waktu pasar dengan portofolio Anda.

Dengan selalu memiliki uang tunai di tangan, Anda akan siap menjadi pembeli ketika yang lain adalah penjual.

Memiliki Uang Tunai

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, memiliki uang tunai adalah kunci untuk menjadi investor jangka panjang yang sukses. Ketika pasar bergerak melampaui batas normal, masih penting untuk memiliki uang tunai di tangan. Uang tunai ini harus disimpan untuk investasi, bukan untuk biaya.

Selalu ada peluang membeli di pasar, Anda hanya harus menemukannya. Jalani proses dalam menemukan ide-ide berikutnya, salah satu cara investasi terbaik dalam menghasilkan uang untuk jangka panjang.

Waspadai Tren Pasar Saat Ini

Sangat penting untuk mengikuti beberapa indikator untuk menentukan keadaan tren pasar saat ini. Trendlines yang diikuti dengan level support dan resistance merupakan indikator grafik sederhana yang bisa dipelajari oleh siapa pun dan membantu terhindar dari investasi di pasar yang tak menentu.

Saat Anda mengikuti kelas aset tertentu yang memiliki kinerja baik dalam memimpin fluktuasi pasar (harga obligasi, sektor transportasi, dll), maka Anda dapat mengumpulkan informasi yang bisa memprediksi pergerakan pasar berikutnya.

Memiliki Strategi Investasi yang Tepat

Analisis teknikal merupakan landasar dasar dalam melakukan perdagangan harian yang menghasilkan uang. Akan tetapi, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya, biasanya tidak dimiliki oleh sebagian besar investor.

Buatlah strategi yang memberikan Anda peluang untuk membeli posisi parsial dan tambahkan lebih banyak saat ada kekuatan dalam portofolio Anda. Menambahkan kelemahan sering kali dipandang yang terbaik, tetapi bisa menjadi proposisi berbahaya jika investasi terus menurun.

Kebanyakan investor dapat membeli investasi yang bagus pada saat yang tidak tepat. Jangka waktu investasi dapat dijadikan pertimbangan apakah menambah lebih banyak atau mengurangi kerugian.

Memiliki Kesabaran dan Tetap Disiplin dengan Rencana

Menggabungkan kesabaran dan kecermatan dalam mengawasi kepemilikan portofolio investasi secara teratur, bisa membantu investor melewati masa sulit.

Kesabaran bukan berarti “beli dan tahan” atau “beli dan lupakan.” Ini berarti Anda siap secara mental untuk mengambil yang baik dan buruk dan menerima kerugian adalah bagian dari permainan.

Ini juga berarti Anda mengikuti proses disiplin yang membantu menghilangkan emosi dari keputusan investasi. Jika Anda kehilangan waktu tidur atau penuh penyesalan, inilah saatnya untuk mempertimbangkan apakah uang yang diinvestasikan benar-benar merupakan bagian dari rencana investasi jangka panjang. Atau, uang yang digunakan adalah uang yang hendak dibelanjakan dalam waktu dekat.

Jika Anda memiliki beberapa sinyal yang diikuti, dan memiliki rencana untuk uang tersebut, Anda harus selalu memiliki uang tunai untuk membeli investasi ketika pasar bergerak lebih rendah. Ketika penurunan besar terjadi, Anda harus bersiap dengan mengumpulkan uang tunai untuk mencegah kerugian besar yang akan memukul portofolio Anda.

Penurunan pada akhirnya akan berlalu dan Anda harus memiliki uang di tangan untuk mengakumulasi investasi yang baik dengan harga lebih rendah. Jika mampu melakukan ini, Anda akan berinvestasi dengan bijak selama masa-masa sulit dan akhirnya mendapat manfaat darinya.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail