Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

7 Cara Main Trading Saham Agar Untung Besar

0 87

Informasi cara main trading saham semakin sering dicari mengingat kegiatan ini kian digemari. Saham sendiri merupakan surat berharga yang umumnya mewakili kepemilikan perseorangan maupun badan terhadap ekuitas sebuah perusahaan. Dalam hal ini, kepemilikan saham tak membebaskan Anda untuk membeli atau menjual aset saham perusahaan.

Selain itu, trading saham tidak sama dengan investasi saham. Maka sebelum memulainya, Anda perlu mempelajari perbedaan kedua aktivitas tersebut.

Perbedaan investasi saham dengan cara main trading saham pemula

Trading saham, secara garis besar, adalah kegiatan jual-beli saham untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga pembelian awal dengan harga jual akhir. Dengan kata lain, dalam cara main trading saham, keuntungan akan diberikan bila nilai jual terakhir lebih tinggi dibandingkan pembelian awal.

Bagaimana dengan investasi saham? Pada kegiatan ini, investor termotivasi mendapatkan saham sebanyak mungkin. Tujuannya adalah untuk memungkinkan penerimaan pembagian dividen berkala atau kekuatan voting dari dewan pemilik saham.

Jadi, mereka bisa mempertahankan holding dalam jangka waktu lama. Berbeda dengan trading saham, karena trader tergerak mengeruk untung dari pergerakan harga saham dalam waktu singkat.

Langkah-langkah memulai cara main trading saham mudah dan tepat.

Setelah memahami perbedaan trading saham dengan investasi saham, akan lebih mudah bagi Anda untuk menerapkan cara main trading saham yang tepat. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang dapat Anda praktikan untuk bermain sebagai trader.

1. Awali dari nominal kecil

Sebagian besar orang masih menganggap kalau trading saham membutuhkan modal besar. Faktanya, Anda bisa main saham dengan biaya awal terbatas selama tahu trik-triknya. Bagaimanapun, mencari uang harus dilakukan seserius mungkin meski Anda belum punya modal sebesar trader lain.

Trading saham juga dikenal sebagai kegiatan berisiko tinggi. Menggunakan modal kecil sebenarnya akan menyelamatkan Anda dari kerugian besar apabila belum terlalu mengenal seluk-beluk saham. Tingkatkan nominalnya sedikit demi sedikit saat Anda mulai menguasai bidang trading.

2. Bekali diri dengan pengetahuan

Percuma saja Anda punya modal saham besar, tetapi tidak mengimbanginya dengan wawasan bermutu. Cara main trading saham yang dipakai pun nantinya tidak akan memberikan hasil yang ditargetkan. Jadi, pastikan Anda membekali diri dengan ilmu dasar seputar trading hingga mater-materi yang lebih berat.

Ganti juga anggapan belajar saham untuk kaya menjadi langkah tepat menuju kemapanan. Karena pada dasarnya, jumlah keuntungan yang bakal Anda raup dari trading saham ditentukan dari kepiawaian Anda selama bermain dan kemauan belajar tinggi untuk meningkatkan performa di pasar saham.

3. Pilih perusahaan sekuritas

Apa langkah selanjutnya yang harus diambil bila Anda sudah menyiapkan modal dan wawasan trading saham? Carilah perusahaan sekuritas yang bakal dijadikan sebagai tempat ‘menanam’ uang. Mencari broker saham dalam cara main trading saham memang sedikit tricky, sehingga Anda harus berhati-hati.

Penentuan perusahaan atau pialang dirasa lebih sulit saat kategori trading Anda punya frekuensi transaksi lebih banyak. Oleh karena itu, untuk memudahkannya, carilah aplikasi mudah dan ringan. Bukan hanya akan memudahkan Anda memantau pergerakan saham, melainkan juga menjaga daya baterai ponsel.

4. Hindari jenis saham gorengan

Saham gorengan lebih sering dimainkan para trader senior. Kendati tampak menggiurkan, ternyata jenis saham tersebut kurang direkomendasikan untuk pemula, terutama generasi muda yang berminat trading saham. Asal memakai saham gorengan hanya akan mengantarkan Anda pada kerugian besar.

Alasannya, saham gorengan pada cara main trading saham termasuk jenis yang sukar dibaca dari segi analisis teknikal maupun fundamental. Pergerakan saham gorengan yang sangat acak jelas akan membuat para pemula kebingungan gara-gara adanya faktor dominan seperti sentimen dan pompomers.

5. Periksa ketimpangan jual-beli

Ketika hendak membeli saham, Anda akan menjumpai order jual dan beli. Perhatikan saham-saham yang memiliki ketimpangan sangat tinggi dengan order beli lebih banyak dibandingkan yang jual. Lalu, awali prose belajar dari titik kritis, yakni di awal dan akhir perdagangan serta mendekati jam istirahat.

Lantas, mengapa Anda harus memperhatikan order beli yang jumlahnya lebih banyak? Hal tersebut berarti saat cara main trading saham ada sesuatu yang berhasil menarik saham tadi. Anda bisa segera mencari berita atau perkembangan terkini yang menjelaskan alasan orang-orang berburu saham.

6. Jangan pakai satu modal ke satu transaksi

Setiap trader memiliki strategi bermain saham yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun kenyamanan mereka. Akan tetapi, Anda yang baru mengawali trading saham sebaiknya mengaplikasikan langkah-langkah dasar untuk menghindari kesalahan, terutama kalau modalnya terbatas.

Misalnya, gunakan modal untuk beberapa transaksi alih-alih satu. Terus pakai meski belum mendapatkan verifikasi. Cara main trading saham ini pun memungkinkan Anda berlatih menganalisis pasar saham dan trennya sekaligus membantu Anda menemukan strategi yang sesuai kebutuhan Anda.

7. Meninjau cut loss dan profit realistis

Kebanyakan pebisnis sadar bila tak semua usaha yang dijalani memberikan keuntungan. Kerugian juga tak bisa dipungkiri kedatangannya. Dalam trading saham, kemungkinan rugi dapat muncul akibat adanya penurunan harga saham yang mengurangi modal dan hilangnya modal kala perusahaan bangkrut.

Kasus trader yang kehilangan semua semua uang akibat bangkrutnya perusahaan memang jarang, tapi tetap perlu Anda waspadai. Dengan kata lain, selama main saham, ada baiknya Anda tetap realistis agar nantinya tidak kecewa dan bisa langsung bangun setelah mengalami kesulitan.

Demikian tujuh langkah cara main trading saham yang bisa Anda praktekkan. Selamat berbisnis!

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.