Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.250
+0.7%
Rp15.959
+1.06%
Rp17.855
+1.16%
Rp131
+0.73%
Rp9.783
+0.68%
Rp3.800
+0.69%
Rp2.060
+0.59%
Rp10.417
+0.54%
Rp10.638
+0.61%
Rp14.243
+0.92%
Rp9.290
+0.42%

6 Cara Menghemat Uang Saat Belanja yang Belum Kita Sadari

0 56

Belanja merupakan salah satu kebiasaan yang sangat adiktif. Sebagian besar waktu dan anggaran rumah tangga dikorbankan setelah Anda pergi belanja. Belanja tidak harus membuat kita sakit kepala jika kita mengetahui cara menghemat uang saat pergi berbelanja. Ini tips yang bisa dilakukan.

Mungkin, sebagian besar dari kita belum menyadari dengan baik, bagaimana cara menghemat uang saat berbelanja. Bahkan, banyak yang kebablasan saat awal bulan mendapatkan gaji, dan langsung habis untuk berbelanja.

Dalam tips sebelumnya, dijelaskan bagaimana menghemat uang belanja bulanan yang bisa kita lakukan.

Untuk menambahkan, berikut ini 6 tips tambahan cara menghemat uang saat pergi belanja. Apa saja?

1. Selalu ingat untuk bijak menggunakan uang Anda

Saat pergi berbelanja, selalu ingat-ingatlah untuk bijak menggunakan uang kita. Buatlah catatan kecil tentang item-item apa saja yang akan dibeli nanti saat berbelanja. Bawalah uang dengan jumlah yang sesuai dengan item yang benar-benar dibutuhkan dan akan dibeli.

Dengan menggunakan daftar item tersebut, kita bisa dengan bijaksana membelanjakan uang dan menghindari item-item yang tidak begitu penting.

2. Lakukan perbandingan harga

Sangat disarankan bagi Anda untuk dapat membandingkan harga dari toko yang berbeda sebelum membeli item-item dalam daftar belanjaan. Jangan hanya terbatas hanya pada satu toko saja.

Ada banyak toko / minimarket / supermarket yang menawarkan barang dengan kualitas yang sama tetapi harga yang lebih murah. Satu hal cerdas yang bisa dilakukan adalah dengan mencermati harga dari barang-barang yang dibeli secara teratur setiap bulan.

Tetapi, perlu diingat, bahwa terkadang ada toko yang selalu melakukan perubahan harga item sewaktu-waktu.

3. Belanja pada musim liburan / momen tertentu

Ada masa / waktu tertentu, dimana banyak toko / store menawarkan banyak diskon untuk item-item tertentu, sebagian besar fashion seperti pakaian, sepatu, tas, dan lain sebagainya.

Anda bisa membeli banyak item saat musim liburan seperti menjelang Idul Fitri, Tahun Baru, Natal dan momen besar lainnya. Ada banyak barang yang dijual lebih murah dari hari biasa.

4. Berbelanja di toko / store khusus yang menawarkan diskon setiap hari

Persaingan pasar yang begitu ketat, membuat para penjual selalu berkompetisi, termasuk mendapatkan pelanggan dengan memberikan diskon. Ada banyak toko / store yang menawarkan banyak promo dan diskon setiap harinya.

Kita harus rajin mencari informasi tentang toko / store mana saja yang menawarkan diskon tersebut. Mungkin saja, kualitas barang yang akan dibeli tidak sama dengan barang yang dijual di mall atau galeri. Tetapi, barang tersebut masih baru dan belum digunakan.

Toko / store ini akan sangat membantu memberikan harga terbaik sebagai alternatif cara menghemat uang pada saat berbelanja.

5. Berhemat saat melakukan perjalanan berbelanja

Cara menghemat uang saat berbelanja juga bisa dilakukan dengan cara menghemat biaya perjalanan menuju ke tempat belanja itu sendiri.

Anda bisa membuat jadwal kapan ingin membeli item / barang tertentu, dan tentukan tempat serta bagaimana cara ke store / toko tersebut. Selalu hitung berapa biaya yang diperlukan untuk kesana. Hal ini dapat menghemat biaya untuk bahan bakar dan waktu Anda.

6. Berbelanja di Online Shop yang menawarkan diskon

Tak hanya secara offline, kini online shop / marketplace banyak menawarkan promo dan diskon gila-gilaan. Mereka saling berlomba untuk mendapatkan banyak pelanggan ke online store mereka.

Anda bisa melakukan riset langsung ke setiap marketplace yang menawarkan banyak diskon seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. Atau, bisa juga membandingkan harga di berbagai website perbandingan harga, semacam Telunjuk.com.

Dengan berbelanja secara online, disamping menghemat banyak waktu, kita juga bisa menghemat uang dengan membeli barang-barang dengan harga jauh lebih rendah, tanpa biaya perjalanan.

Tetapi, tetap diingat, jangan mudah tergoda membeli barang / item hanya karena sedang diskon besar-besaran. Tetap sesuaikan barang yang akan dibeli dengan daftar kebutuhan Anda.

Itulah beberapa cara menghemat uang saat berbelanja yang dapat dilakukan. Uang belanja yang dihemat, dapat kita gunakan untuk tabungan atau investasi masa depan. Selamat berbelanja.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.