Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.149
-0.13%
Rp15.784
-0.04%
Rp18.384
-0.19%
Rp130
-0%
Rp9.728
-0.43%
Rp3.772
-0.13%
Rp2.000
-0.24%
Rp10.400
-0.39%
Rp10.794
-0.28%
Rp14.362
+0.03%
Rp9.067
-0.49%

Strategi Sukses Membangun Bisnis Online

0 150

“Saya sudah bertahun-tahun menggeluti bisnis online tapi kok belum sukses juga ya?” Itu merupakan salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh sebagian besar para pebisnis—mengadu nasib di dunia maya. Memang, tidak hanya offline saja, bisnis online juga memiliki tantangan-tantangannya sendiri. Bisnis online juga memiliki aturan-aturan mendasar agar bisa sukses.

Satu sisi, banyak orang yang “berguguran” dalam menjalankan bisnis online, sementara itu di sisi lainnya banyak pebisnis online yang mampu meraih kesuksesan. Apakah memang orang-orang yang sanggup meraih kesuksesan ini memiliki kiat-kiat khusus? Apakah kita bisa mengikuti jejak mereka? Ya, Anda, Kami, Semua pun BISA meraih kesuksesan sebagai pebisnis online. Berikut adalah aturan mendasar yang sebaiknya dimiliki oleh para pebisnis yang hendak terjun di internet.

  • Bangun Kepercayaan

Jika Anda memiliki produk atau jasa yang hendak dijual berkualitas, tetapi pelayanan yang Anda berikan tidak optimal, maka akan sia-sia saja. Kepercayaan merupakan kata kunci paling penting bagi para pebisnis, baik bisnis dunia nyata maupun internet. Kepercayaan tidak bisa otomatis datang kepada Anda. Kepercayaan harus dibangun dengan baik dan terus-menerus. Jangan sekali-kali menghianati kepercayaan konsumen Anda, atau Anda akan cepat hilang dari peredaran. Ini hukum dasar dalam berbisnis.

Bagaimana cara membangun kepercayaan dalam bisnis online? Sebenarnya sangat mudah dilakukan agar Anda mudah dipercaya. Pertama yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan identitas Anda yang sebenarnya. Jangan pernah menjadi ANONIM  di dunia maya. Pengunjung situs Anda akan menaruh curiga apabila dalam situs tidak Anda cantumkan siapa Anda sebenarnya. Jadi, cantumkan dengan lengkap nama, alamat jelas, nomor telepon yang bisa dihubungi, atau setidak-tidaknya berikan fasilitas chatting seperti Yahoo Messenger, Facebook Chat, atau Google Talk.

Ketika calon konsumen Anda mengetahui jati diri Anda dan dilanjutkan dengan komunikasi, maka perlahan tapi pasti, kepercayaan tersebut akan terbangun dengan sendirinya. Kedua, jadilah orang gaul dengan aktif mengikuti diskusi di forum, milis, atau ikuti kopdar (kopi darat) yang diadakan komunitas-komunitas bisnis. Ketiga, jika Anda di suatu waktu melakukan kesalahan dalam sebuah kesepakatan bisnis, maka legowo lah untuk meminta maaf dan berikan partner atau konsumen Anda “hadiah” sebagai permintaan maaf. Dengan tiga cara ini, sosok Anda akan semakin mudah dikenal sebagai orang yang memang bisa dipercaya dan bertanggungjawab.

  • Promosikan diri Anda, Bangun Kredibilitas

Inti dari berbisnis adalah menjual. Sebagus apapun produk Anda, kalau Anda tidak bisa menjual, maka Anda belum bisa dikatakan berbisnis. Mulailah dengan menjual diri Anda yakni, dengan mempromosikan diri Anda. Dalam bisnis, Anda ingin dikenal sebagai siapa, penjual barang-barang elektronik, penjual jasa keuangan, penjual produk kesehatan, dll? Ketika calon konsumen sedikit mengetahui tentang Anda, maka segera bangun kredibilitas, dengan terus mempromosikan diri Anda dengan baik.

Jangan pernah melakukan spam dalam berpromosi. Ini sangat dibenci oleh para netter. Ikuti aturan main di setiap tempat yang hendak Anda promosikan. Jika Anda ingin dikenal sebagai ahli merawat alat elektronik, maka penuhi situs Anda dengan tips-tips, kiat-kiat merawat komputer. Apabila pengunjung atau calon konsumen Anda menemukan hal yang menarik dan berkualitas dari tulisan Anda, maka Anda akan dikenal sebagai ahli perawatan komputer.

  • Banyak Memberi, Banyak Menerima

Ini adalah logika berbisnis yang dimiliki pebisnis sukses. Berikan konsumen Anda nilai tambah dari bisnis yang Anda lakukan. Ketika Anda membangun sebuah situs sebagai media promosi Anda, berikanlah banyak manfaat kepada para pengunjung situs Anda. Posisikan diri Anda sebagai pengunjung situs, bukan pemilik situs. Situs apa yang paling Anda minati?

Tentu saja, situs yang banyak memberikan nilai lebih kepada Anda berupa manfaat maupun konten yang berkualitas. Situs-situs terpopuler seperti, Facebook, Yahoo, Detik, Kaskus, memiliki nilai lebih dengan memberikan banyak hal bermanfaat dan diinginkan oleh para pengunjung. Kalau Anda memiliki toko online dengan menjual produk kecantikan, maka penuhi situs Anda dengan artikel-artikel bermanfaat tentang tips merawat kecantikan, database salon-salon kecantikan, diskon perawatan kecantikan, dll. Dengan rajin memberi, maka secara tidak langsung nanti Anda akan banyak menerima.

  • Bersahabatlah dengan Mesin Pencari, terutama Google

Mesin pencari populer, seperti Google, Yahoo, Ask, dll, merupakan partner bisnis Anda yang harus Anda dekati terus menerus. Mesin-mesin pencari ini merupakan alat promosi gratis yang paling ampuh untuk meningkatkan traffic kunjungan ke situs Anda. Selain konten yang berkualitas, menarik, dan bermanfaat, Anda juga tidak boleh melupakan sisi kuantitas. Semakin banyak artikel-artikel dalam situs Anda, semakin sering Anda meng-update situs Anda, maka semakin populer situs Anda di mata mesin pencari terutama Google. Situs-situs portal berita seperti Detik.com, Kompas.com merupakan situs yang digemari oleh Google karena tiap menit situs-situs tersebut selalu update.

Salah satu kredo pakar pebisnis online adalah “Google is My Salesman”. Bila situs Anda, situs yang nomer satu dalam pencarian kata kunci tertentu, maka Anda telah mempekerjakan secara gratis Google sebagai staf marketing Anda. Secara ikhlas, Google akan mempromosikan situs Anda, 24 jam sehari. Bagaimana cara bersahabat dengan mesin pencari? Maka Anda harus mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO). Banyak situs yang memberikan informasi menarik tentang strategi-strategi SEO. Banyak juga yang menawarkan jasa SEO berbayar untuk meningkatkan traffic kunjungan ke situs Anda.

  • Rasakan Keampuhan Word Of Mouth

Berbagai inovasi marketing telah banyak dilakukan, tetapi ternyata salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh sejak dahulu kala adalah Word Of Mouth. Kekuatan kata-kata konsumen yang telah merasakan bagusnya pelayanan bisnis, atau produk Anda memiliki efek luar biasa untuk menarik konsumen lainnya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah tampilkan testimonial (kesaksian, komentar, saran, masukan) dari para konsumen Anda. Minta konsumen Anda untuk menuliskan beberapa kalimat testimonial dalam situs Anda. Jangan lupa untuk menampilkan identitas mereka bila perlu, seperti foto atau alamat blog pribadi untuk lebih meyakinkan pengunjung, bahwa testimonial tersebut bukan fiktif.

  • Jadikan Pengunjung sebagai Konsumen Abadi Anda

Fakta menyebutkan bahwa lebih dari 60 persen pengunjung situs Anda, hanya benar-benar berkunjung dengan melakukan aktivitas seperti membaca konten situs Anda dalam beberapa menit. Sangat sedikit sekali pengunjung yang akan menjadi konsumen abadi terkecuali Anda melakukan strategi untuk memikat hati mereka.

Beberapa strategi yang bisa Anda lakukan agar pengunjung situs terus mendatangi Anda adalah pembuatan newsletter.  Sediakan newsletter gratis untuk para pengunjung situs Anda. Misalkan, newsletter tentang Kiat-Kiat Sukses Internet Marketing dengan Modal Dengkul. Calon potensial konsumen Anda, akan menjadi konsumen abadi Anda ketika mereka dengan ikhlas memasukkan alamat email-nya untuk mendapatkan newsletter terbaru.

Buat situs Anda menjadi situs yang interaktif dengan keberadaan fasilitas forum, komentar, polling, shoutbox, dll yang diramaikan oleh celotehan para komentator situs Anda. Konsumen abadi Anda tersebut nantinya bisa menjadi staf marketing Anda. Caranya adalah bangun sistem afiliasi bagi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Bagi keuntungan dengan konsumen Anda dengan sistem affiliasi ini. Sistem ini biasanya menyertakan kode afiliasi seperti portalinvestasi.com/?id=useranda. Silahkan Anda mencari informasi di Google bagaimana membangun sistem afiliasi tersebut.

  • Kick Out SPAMMER

Banyak para netter yang mengabaikan poin krusial ini dengan melakukan tindakan spam kepada para netter lain. Tindakan spam seperti melakukan iklan MLM di situs atau forum tentang teknologi, kiriman iklan sampah ke e-mail para netter yang dilakukan berkali-kali. Tindakan tersebut sangat menjengkelkan para netter. Apabila calon konsumen Anda telah punya sikap antipasti terhadap Anda, apakah mereka akan menjadi konsumen Anda? Tentu tidak. Jadi, berbisnislah dengan mementingkan etika. Calon konsumen Anda juga manusia, bukan robot yang bisa dimasukkan berbagai macam informasi. Calon konsumen Anda tentu akan memilah, mana informasi yang bermanfaat buat dirinya, mana yang tidak. Jadi, tidak ada toleransi sama sekali terhadap para Spammer!

Itulah beberapa poin kiat mendasar untuk membangun bisnis online agar bisa meraih kesuksesan di masa depan. Jadi, masihkah bisnis online susah?

(CAA)

Loading...