Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp50.452.000
+1.35%
Ethereum (ETH)
Rp1.319.320
0%
Litecoin (LTC)
Rp358.260
DigitalCash (DASH)
Rp959.093
Monero (XMR)
Rp639.227
Nxt (NXT)
Rp405
Ethereum Classic (ETC)
Rp56.859
Dogecoin (DOGE)
Rp30
ZCash (ZEC)
Rp820.854
Bitshares (BTS)
Rp543
DigiByte (DGB)
Rp128
Ripple (XRP)
Rp4.497
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp126.737
PeerCoin (PPC)
Rp8.047
CraigsCoin (CRAIG)
Rp10

Ini lho 3 Strategi Investasi Emas yang Menguntungkan Bagi Pemula!

3 1.140

Tertarik untuk investasi emas? Siapapun bisa berinvestasi emas, termasuk para pemula.

Emas memang menjadi primadona siapapun, tak kenal usia, profesi, pendidikan. Emas selalu menjadi buruan untuk berbagai tujuan dan keperluan. Belakangan ini, permintaan akan emas terus meningkat. Peningkatan ini disebabkan mulai banyaknya orang yang sadar bahwa memang hanya emas yang tahan terhadap inflasi ekonomi yang terus meningkat. Kebanyakan orang memilih untuk berinvestasi emas dengan tujuan untuk mengamankan asset kekayaan, memenuhi rencana di masa depan, dapat mempertahankan nilai beli di masa yang akan datang, serta menambah nilai kekayaan pastinya.

Karakteristik emas itu sendiri yang memang kebal terhadap goncangan ekonomi apapun, memang salah satu alasan emas jadi buruan banyak orang, kelompok, bahkan negara dari masa ke masa. Selain kebal terhadap krisis, likuiditas emas juga sangat tinggi, karena emas dapat dijual kapanpun jika kita memerlukan dana mendadak, tidak seperti investasi lainnya. Cara termudah untuk investasi emas adalah dengan membeli emas batangan. Tetapi, bagi pemula, hanya sekedar membeli emas batangan tentu mudah. Yang menjadi pertanyaan, apakah pembelian emas tersebut di waktu yang tepat sehingga menguntungkan? Nah, bagaimana cara investasi emas yang menguntungkan? Simak 3 tipsnya berikut ini.

#1 Metode Investasi Emas Cara Klasik, Beli saat Murah, Jual saat Mahal

investasi emas
Sumber Gambar: viva.co.id

Ini salah satu metode yang siapapun juga, walaupun pemula, pasti mengetahuinya. Ini adalah cara yang paling umum yang banyak digunakan masyarakat. Keuntungan yang didapat adalah hasil dari selisih harga jual dengan harga beli. Investasi emas dengan cara ini memang efektif dan menguntungkan karena dilihat dari data statistik, harga emas tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan hampir di atas 10%. Strategi utama dari metode klasik ini adalah kesabaran dan mengetahui dengan tepat kapan saat emas sedang murah-murahnya (data statistik tahunan) untuk dibeli. Kesabaran sangat dibutuhkan juga jika menggunakan cara ini karena jangka waktu investasi lebih 3-10 tahun. Anda bisa menjualnya di saat harga emas sedang berada di puncak tertinggi.

#2 Metode Investasi Emas dijadikan modal Usaha

Nah, cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan berkali-kali lipat investasi emas Anda dalam waktu yang tidak terlalu lama. Jika anda memiliki dana, maka belikan dana tersebut emas terlebih dahulu, setelah itu kita gadaikan emas tersebut ke pegadaian / bank (direkomendasikan menggunakan bank syariah karena memberikan nilai gadai tinggi dengan biaya gadai lebih rendah). Dana hasil gadai tersebut lalu diputar sebagai modal usaha. Yang perlu dicermati adalah harus memperhitungkan biaya cicilan gadai yang diperoleh dari usaha yang berjalan.

Usaha harus bisa membayar biaya cicilan tersebut, jika tidak maka emas anda akan hilang. Pilih usaha yang sesuai dengan modal, kemampuan, dan passion agar meminimalkan kebangkrutan. Atau, anda bisa juga memutar dana hasil gadai tersebut ke bisnis teman / saudara yang sudah berjalan, dengan perjanjian yang sama-sama menguntungkan. Jika bisnis bertambah berkembang, anda bisa meningkatkan nilai investasi emas dengan membeli kembali emas batangan. Dengan cara ini, keuntungan pun berlipat ganda, selain dari asset emas, juga asset dari bisnis itu sendiri.

#3 Buatlah tabungan emas untuk meraih semua impian Anda

Cara mudah yang terakhir bagi pemula untuk berinvestasi emas adalah dengan menabung emas itu sendiri. Jika selama ini hasil jerih payah dari kerja atau bisnis hanya ditabung dalam bentuk uang di bank, mulailah untuk mengubahnya menjadi tabungan emas. Setiap anda memiliki penghasilan, belilah emas untuk ditabung dari penghasilan yang disisihkan. Selalu sisihkan 20-30% dari penghasilan untuk menabung emas. Setiap tabungan emas tersebut, bisa dijadikan alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan seperti beli rumah, mobil, ibadah umroh dan haji, asuransi kesehatan, pendidikan anak, dll. Kuncinya adalah kedisiplinan dalam menabung dan menyisihkan penghasilan.

Ketiga cara di atas merupakan cara yang paling mudah dilakukan bagi para pemula dalam investasi emas.

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail