PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Cara Mengelola Keuangan Keluarga yang Praktis

0 45

Ini mungkin topik yang paling banyak dicari oleh banyak keluarga, pengelolaan keuangan rumah tangganya. Biasanya, sebuah keluarga memiliki banyak biaya tak terduga yang besar, ataupun pasangan yang mulai memikirkan masa pensiun dan menyadari penghematan yang dilakukan belum cukup. Bagaimana cara mengelola keuangan keluarga yang praktis dan tepat?

Gunakan kerangka waktu bulanan untuk melihat arus masuk dan arus kas keluar dari rumah tangga Anda. Ini karena sebagian besar tagihan ada di rentang waktu bulanan dan empat minggu adalah periode perencanaan keuangan singkat yang dapat dikelola oleh kebanyakan orang.

Berikut ini langkah-langkah cara mengelola keuangan keluarga yang tepat dan praktis:

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan penghasilan setelah pajak bulanan dari keluarga Anda. Biasanya, ini adalah jumlah uang dari gaji Anda (dan juga pasangan) yang akan disimpan ke rekening.

Jika penghasilan keluarga bervariasi, maka gunakan rata-rata tiga bulan terakhir. Setiap pendapatan bunga tabungan akan menjadi bonus.

Selanjutnya, cantumkan biaya tetap bulanan Anda, seperti sewa / cicilan, hipotek, pembayaran cicilan mobil, telepon, tagihan listrik, dll. Semua angka ini dapat diubah dalam jangka panjang, tapi pertama-tama Anda perlu menentukan anggaran mendasar tentang posisi keuangan sekarang.

Pastikan Anda menyertakan semua utilitas / kewajiban dalam keuangan keluarga. Beberapa hanya dibayar setiap tiga bulan atau tahunan, seperti asuransi mobil, tagihan air, atau biaya asosiasi.

Masukkan semua biaya ini dan hitung berapa jumlahnya setiap bulan. Misalnya, jika tagihan rumah tangga datang setiap tiga bulan, bagilah dengan 3. Jika Anda memiliki asuransi mobil semi-tahunan, maka bagilah dengan 6.

Jadi, sekarang Anda memiliki penghasilan tetap bulanan dan biaya tetap bulanan. Kurangi penghasilan dari biaya bulanan tersebut, dan Anda memiliki jumlah uang variabel yang bebas untuk digunakan dengan cara apa pun yang diinginkan untuk sisa bulan ini.

Dari sisa jumlah uang ini, mulailah cantumkan kategori pengeluaran variabel utama seperti belanjaan, hiburan, biaya pengobatan, pakaian, dry cleaning, perawatan pribadi (potongan rambut, kuku, dll.) dan hadiah.

Masukkan masing-masing biaya variabel ini dan beri jumlah di sampingnya yang menurut Anda merupakan pengeluaran bulanan rata-rata untuk kategori tersebut.

Buat sebanyak mungkin subkategori yang diperlukan untuk membuat perkiraan yang akurat. Semakin tepat untuk kebiasaan belanja keluarga, semakin efektif untuk Anda.

Misalnya, makanan bisa diuraikan menjadi beberapa subkategori seperti toko kelontong / fast food / makan di luar / makan siang kerja / dll.

Kemudian periksa beberapa bulan terakhir dari buku tabungan dan pernyataan kartu kredit Anda, carilah pengeluaran yang belum dibahas sejauh ini yang perlu dimasukkan untuk situasi keuangan keluarga.

Sekarang, Anda harus memiliki jumlah total untuk penghasilan bulanan keluarga, total biaya tetap bulanan keluarga, dan total biaya variabel bulanan.

Fakta kondisi keuangan keluarga Anda dapat dilihat dari saat mengurangi dua biaya dari penghasilan untuk dilihat apakah ada uang yang masih tersisa.

Jangan panik jika itu adalah angka negatif. Jauh lebih baik untuk mengetahui hal ini sekarang, daripada membangun hutang kartu kredit nanti. Kebanyakan orang berkomentar di sepanjang proses ini, “Oh, jadi ke situlah uang saya selama ini dihabiskan. Saya tidak tahu, menghabiskan sebanyak itu! ”

Melihat semua angka tersebut dapat membantu Anda memprioritaskan beberapa hal dan bernegosiasi dengan semua pembelanja lain dalam keluarga.

Dari anggaran awal ini, Anda dapat mulai menetapkan target bulanan untuk kategori pengeluaran, mulai dapat memfokuskan untuk mengurangi biaya terbesar. Dan menemukan area mana Anda harus mulai melakukan berbelanja dengan harga yang lebih murah.

Usahakan untuk dapat menghemat 5-15% dari penghasilan Anda dan masukkan sebagai biaya tetap tambahan. Membayar diri Anda sendiri terlebih dahulu itu penting.

Memiliki anggaran keuangan keluarga adalah alat pertama yang penting dalam cara mengelola keuangan keluarga Anda. Berpedoman pada alat ini memungkinkan Anda akhirnya mulai membuat keputusan finansial berdasarkan fakta dan bukan fiksi.

Anda bisa merencanakan biaya alih-alih terperangkap dengan kondisi yang tak tentu. Dan yang terpenting, cari tahu bagaimana melangkah maju dengan tujuan keuangan seperti liburan besar, mobil baru, atau investasi.

NB: Ada banyak template / aplikasi untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan keluarga Anda. Seperti template pengelolaan keuangan secara online ini.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...