Kamus Investasi (H-J)

0 37

Hasil Investasi (Yield)

Tingkat pertumbuhan hasil investasi selama periode tertentu. Umumnya diukur dengan cara Yield= (Nilai investasi awal + Pembagian Uang Kas/Dividen) / Nilai Investasi Akhir

Hasil Riil (Real Yield)

Hasil bersih dari pemilikan suatu obligasi, setelah dikurangi tingkat inflasi. Dengan demikian, jika tingkat inflasi adalah 4% dan suatu obligasi memberikan hasil (yield) 12%, maka hasil bersih dari obligasi tersebut adalah 8%.

Hedging

Strategi yang diterapkan untuk menghindari atau meminimalkan risiko investasi. Perfect hedge dimaksudkan untuk menghapuskan kemungkinan terjadinya kerugian di masa yang akan datang.

Index

Satuan statistik yang mengukur perubahan dalam ekonomi atau pasar keuangan pada suatu tanggal tertentu dibandingkan dengan tahun dasarnya, misal IHSG atau Dow Jones

January Effect

Fenomena yang terjadi pada akhir tahun ketika para investor mulai khawatir tentang pembayaran pajak yang mengakibatkan mereka mungkin menjual beberapa saham yang merugi sehingga mereka dapat menghapus kerugian tersebut atas capital gain yang diperoleh. Hal ini akan menyebabkan harga saham-saham akan mengalami penurunan pada akhir tahun dan mengalam kenaikan harga kembali karena para investor tersebut membeli kembali saham yang sebelumnya mereka jual.

Joint Venture

Bergabungnya dua atau lebih orang atau perusahaan dalam bidang usaha tertentu dan setuju untuk berbagi keuntungan, kerugian, atau berbagi pengawasan.

Junk Bond

Obligasi yang dijual untuk tujuan spekulasi. Umumnya obligasi tersebut berperingkat di bawah BB, dan memiliki risiko gagal bayar yang lebih tinggi disbanding obligasi lainnya. Junk Bond umumnya menawarkan tingkat bunga 3-4% lebih tinggi daripada obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah.

Loading...