Kamus Investasi (A-B)

0 92

Alpha

Selisih antara hasil investasi aktua dengan hasil investasi yang diharapkan atau tolak ukurnya, untuk level risiko pasar tertentu. Nilai alpha positif menggambarkan bahwa kinerja portofolio investasi lebih baik dari perkiraan sebelumnya. Sedangkan untuk nilai alpha negatif menunjukkan bahwa kinerja portofolio investasi kurang baik dibandingkan dengan tolak ukurnya.

American Depository Receipt (ADR)

Sertifikat yang menggambarkan jumlah kepemilikan saham dalam suatu perusahaan di luar Amerika Serikat, namun disimpan di bank AS dengan cabang di beberapa negara di dunia. Sertifikat tersebut dapat diperjualbelikan di bursa atau pasar AS sehingga memudahkan investor AS untuk berinvestasi pada saham perusahaan di luar AS.

Anuitas

Suatu ikatan atau kontrak antara pemodal dan perusahaan asuransi dimana setelah pembelian kontrak oleh pemodal, perusahaan asuransi tersebut menjamin suatu hasil yang tetap atau variabel selama jangka waktu tertentu secara teratur.

Alokasi Aktiva

Strategi investasi yang mengalokasikan total aktiva (portofolio investasi) dalam beberapa kelompok, seperti saham, obligasi dan instrumen pasar uang sebagai upaya untuk menurunkan risiko investasi.

Bearish Market

Suatu kondisi pasar keuangan dalam periode tertentu dimana harga pasar surat berharga sedang mengalami penurunan.

Beta

Suatu ukuran fluktuasi portofolio investasi atau individual instrumen investasi dibandingkan dengan pasar yang diwakili oleh indeks. Nilai beta pasar adalah 1. Beta lebih dari 1 menggambarkan bahwa portofolio investasi lebih fluktuatif dibandingkan dengan pasar atau indeks.

Blue Chip

Saham biasa (common stock) yang memiliki kinerja fundamental yang baik, seperti selalu membukukan keuntungan dalam beberapa tahun terakhir, memiliki pertumbuhan yang baik, selalu membagikan dividen, memiliki reputasi manajemen yang baik.

Bursa Saham New York

Bursa saham tertua dan terbesar di dunia dengan lebih dari 3000 perusahaan yang mendaftarkan sahamnya untuk diperdagangkan.

Bursa

Tempat berlangsungnya perdagangan surat berharga.

CAA

Loading...