Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

Alasan Anda Harus Berinvestasi

0 143

Sebagian besar orang belum menyadari apakah manfaat mereka berinvestasi. Mayoritas lebih memikirkan bagaimana bisa menjalani hidup yang sekarang tanpa harus pusing memikirkan masa depan. Mereka berpendapat, Tuhan yang menentukan masa depan. Kita tidak perlu sibuk memikirkan sesuatu yang menjadi ranah Tuhan. Di satu sisi, pendapat itu ada benarnya. Masa depan memang Tuhan yang menentukan, tetapi bukan berarti kita tidak berbuat apa-apa untuk masa depan. Minimal kita harus punya perencanaan di hari ini untuk visi masa depan.

Salah satu hal yang harus direncanakan adalah masa depan finansial pribadi maupun rumah tangga kita. Apakah di masa depan kelak Anda bisa memperoleh kebebasan finansial? Apakah Anda sudah puas dengan keamanan finansial di masa sekarang, sehingga tidak perlu repot-repot berpikir tentang kondisi finansial di masa depan? Beberapa pertanyaan tersebut, hanya Anda yang bisa menjawabnya. Karena setiap orang memiliki visi dan tujuan hidup yang berbeda.

Banyak cara untuk merencanakan masa depan finansial Anda. Beberapa di antaranya dengan investasi, jaminan sosial, dana pensiun, tabungan, dan lain sebagainya. Sebagian besar masyarakat kita lebih menyenangi dana tabungan dan pensiun sebagai jaminan masa depan finansial mereka. Masih sangat sedikit yang berpikir untuk berinvestasi di beberapa produk investasi. Bagi yang memilih investasi sebagai salah satu rencana untuk masa depannya, mereka menganggap bahwa investasi memang lebih menjamin masa depan mereka. Investasi menjadi semakin penting selama beberapa tahun terakhir, disebabkan tabungan dan dana pensiun kurang bisa memberikan kebebasan finansial di masa depan.

Orang ingin menjamin masa depan mereka. Mereka tahu jika tergantung pada manfaat jaminan sosial atau rencana pensiun, mereka mungkin merasa khawatir ketika tidak lagi memiliki kemampuan untuk mendapatkan penghasilan tetap. Investasi adalah salah satu alternatif jawaban untuk masa depan yang tidak diketahui.

Anda mungkin telah menyimpan uang dalam rekening tabungan bunga rendah selama bertahun-tahun. Sekarang, Anda ingin melihat uang yang tumbuh dengan kecepatan yang lebih cepat. Mungkin Anda telah mewarisi uang atau menyadari beberapa rezeki yang didapatkan sehingga Anda perlu cara untuk membuat uang yang tumbuh. Sekali lagi, investasi adalah jawabannya.

Investasi juga merupakan cara untuk mencapai hal-hal yang Anda inginkan. Seperti, rumah baru, pendidikan perguruan tinggi untuk anak-anak, atau kepedulian sosial pada orang-orang di sekitar Anda. Tentu saja, tujuan keuangan menentukan jenis investasi yang dilakukan.

Jika Anda ingin atau perlu membuat banyak uang cepat, Anda akan lebih tertarik pada investasi berisiko tinggi yang akan memberikan timbale balik (return) lebih besar dalam waktu yang lebih singkat. Seperti di saham, forex, atau hyip. Jika Anda menabung untuk sesuatu di masa depan, seperti pensiun, berarti Anda ingin melakukan investasi lebih aman yang tumbuh selama jangka waktu lebih lama.

Tujuan keseluruhan dalam berinvestasi adalah untuk menciptakan kekayaan dan keamanan, selama periode waktu tertentu. Penting untuk diingat bahwa Anda tidak akan selalu bisa mendapatkan penghasilan. Akhirnya, Anda ingin pensiun.

Anda juga tidak dapat mengandalkan sistem jaminan sosial untuk melakukan apa yang diharapkan sesuai dengan kondisi ideal. Anda juga tidak bisa selalu bergantung pada rencana pensiun perusahaan. Jadi sekali lagi, investasi adalah kunci untuk menjamin masa depan keuangan sendiri, tetapi Anda harus membuat investasi yang cerdas. Pilihlah produk-produk investasi yang sesuai dengan tujuan finansial Anda.

(CAA)

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.