Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.121
-0.45%
Rp15.551
-0.43%
Rp18.110
-0.3%
Rp130
-0.82%
Rp9.643
-0.31%
Rp3.765
-0.45%
Rp2.011
-0.23%
Rp10.360
-0.35%
Rp10.659
-0.3%
Rp14.263
-0.92%
Rp9.038
-1.54%

Cara Untung Main Saham Agar Investasi Menguntungkan

0 94

Cara untung main saham tentu banyak dicari terutama bagi Anda yang memang tengah ingin menggeluti dunia saham untuk keperluan investasi.

Saham Bisa Jadi Investasi yang Menguntungkan

Sebagai smart people, kita memang harus berpikir cerdas demi masa depan. Agar memiliki perencanaan yang matang agar masa depan makin terjamin. Hal ini tentunya berkaitan keuangan karena bagaimanapun juga, finansial memang sangat berperan terhadap kehidupan yang lebih baik.

Sebenarnya dengan bekerja, setidaknya anda sudah bisa menjamin kehidupan sehari – hari. Namun ada kalanya memikirkan investasi juga perlu karena kita tidak akan pernah bisa memprediksi apa yang terjadi nanti. Sehingga ada baiknya mulai jeli memilih investasi seperti apakah yang cocok dengan kemampuan. (Baca Juga: 9 Tips Sebelum Memilih Investasi Saham)

Ketika tepat dalam memilih investasi, maka secara tidak langsung akan membuat anda lebih totalitas dalam mengerjakannya sehingga nantinya juga akan memberikan hasil yang tidak setengah – setengah. Imbasnya, keuntungan akan kembali kepada diri Anda sendiri.

Untuk keperluan investasi sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa dengan membuka bisnis properti, investasi emas, logam mulia ataupun yang lebih praktis seperti menanam saham. Menanam saham merupakan bentuk investasi yang cukup banyak dilakukan banyak orang saat ini.

Investasi saham memang banyak menawarkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Tak heran jika akhirnya banyak orang yang mencari informasi mengenai cara untung main saham ini. Namun, sebenarnya ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai investasi dibidang saham ini.

Karena biar bagaimanapun juga bermain saham tetap saja beresiko. Walaupun memang semua investasi tetap saja memiliki resikonya masing – masing. Untuk meminimalisir resiko, sebelum memulai investasi tentunya harus ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Perhatikan Hal – Hal Berikut Sebelum Mulai Berinvestasi

Berinvestasi untuk masa depan memang sebuah kewajiban. Meskipun saat ini anda sudah memiliki penghasilan tetap, tapi apakah anda yakin bahwa selamanya anda akan bergantung pada pekerjaan Anda tersebut? Selalu ada masanya dimana anda harus stop bekerja dan menikmati masa tua. Oleh sebab itu anda harus menyiapkan Plan B berupa investasi.

Jenis investasi sendiri ada banyak sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar investasi yang anda pilih tepat dan memberikan feedback positif bagi diri Anda. Diantaranya sebagai berikut :

Kenali Potensi Diri

Sebelum memulai sebuah investasi, hal terpenting yang perlu anda lakukan adalah mengenali potensi yang ada di dalam diri Anda. Anda harus tahu jenis investasi apa yang paling sesuai dengan kemampuan anda. Dengan menyesuaikan kemampuan diri sendiri, maka akan semakin mempermudah anda dalam memaksimalkan potensi diri.

Perhatikan Modal

Dalam berinvestasi tentu butuh modal. Anda yang lebih paham tentang segi keuangan anda sehingga anda jugalah yang lebih tahu kira – kira investasi seperti apakah yang sesuai dengan modal yang Anda miliki.

Tentukan Jangka Waktunya

Dalam berinvestasi anda harus memiliki visi misi yang jelas. Target yang ingin dituju harus jelas serta harus menentukan jangka waktu kedepannya. Agar anda termotivasi untuk konsisten dan disiplin dalam menjalankan investasi tersebut sesuai dengan jangka waktu yang anda targetkan sejak awal.

Siapkah Anda Dengan Resiko?

Mau tidak mau, investasi erat kaitannya dengan resiko. Sehingga sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi, apapun jenis investasinya, anda wajib siap menghadapi resiko yang akan terjadi nantinya. Anda harus mempersiapkan plan B untuk mengantisipasinya.

Terlebih jika anda berminat untuk investasi saham dan sudah mulai mendalami cara untung main saham tentunya Anda harus lebih siap lagi karena main saham juga tetap saja memiliki resiko.

Beberapa hal diatas jika dilakukan dengan benar maka akan membantu anda dalam menentukan jenis investasi paling tepat untuk anda.

Cara Untung Main Saham Agar Investasi Lebih Menguntungkan

Belakangan ini makin banyak orang yang tertarik dengan investasi saham karena dirasa cukup praktis dan juga efisien waktu. Main saham bisa dilakukan dimana saja sehingga bagi Anda yang tergolong orang sibuk dan tidak memiliki cukup banyak waktu, investasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi di bidang saham, tak hanya mempelajari cara untung main saham saja yang perlu dilakukan. Namun, dari segi mental juga perlu disiapkan karena saham bisa naik turun kapan saja. Sehingga misalnya nanti mengalami kerugian, Anda bisa lebih siap.

Namun, sebenarnya ada beberapa cara untung main saham agar membuat investasi anda memberikan keuntungan bukan malah sebaliknya, antara lain sebagai berikut :

  • Self Control

Cara untung main saham pertama yang harus dilakukan adalah self control yang artinya anda tak boleh terlalu mengikuti arus. Mengikuti orang lain karena anda harus melihat jenis investor yang akan anda tuju kemudian menentukan jenis investasi yang cocok dengan Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mengenai karakter setiap saham agar Anda paham harus seperti apa serta menentukan sistem investasi yang akan dilakukan. Apakah akan bertahap atau langsung dalam skala besar.

  • Percaya Diri

Jangan mudah tergoda ketika bermain saham. Anda memang dituntut percaya dengan kemampuan diri sendiri namun kadangkala anda juga harus jeli melihat situasi. Dalam investasi saham, anda harus piawai melihat peluang. Jangan terpaku pada satu jenis saja.

  • Melakukan Review Atau Analisa

Dalam investasi apapun, ada saatnya anda harus melakukan analisa tentang perjalanan investasi yang sudah anda lakukan. Ketika melakukan review, anda bisa menelaah apa yang kurang dan strategi apalagi yang harus anda terapkan agar progress saham Anda makin melesat.

  • Jeli dan Teliti

Cara untung main saham selanjutnya yaitu anda dituntut harus jeli dan teliti. Amati dengan jelas perkembangan saham. Anda harus tahu kapan waktu terbaik untuk berinvestasi. Karena ketika anda memilih timing yang salah, tidak menutup kemungkinan bahwa saham Anda akan mengalami kerugian. Dan secara tidak langsung, cara untung main saham yang terakhir ini menuntut skill anda menentukan strategi.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai cara untung main saham semoga bermanfaat.

Loading...