Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.197
-0.14%
Rp15.691
-0.67%
Rp18.236
-1.85%
Rp131
+0.05%
Rp9.556
+0.05%
Rp3.786
-0.17%
Rp2.000
+0.08%
Rp10.347
-0.1%
Rp10.739
-0.24%
Rp14.250
-0.4%
Rp8.873
+0.02%

6 Hal Perlu Diketahui untuk Memulai Bisnis Rumahan

0 61

Bagi Anda yang ingin memulai atau pun sudah menjalankan bisnis rumahan, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan. Sebagai pebisnis rumahan, Anda bertindak sebagai seorang manajer, marketer, produsen, sampai urusan keuangan. Ini 6 aspek yang perlu dipahami ketika memulai bisnis rumahan.

Jika Anda memiliki ide bisnis rumahan dan keterampilan / skill yang dibutuhkan untuk memulai bisnis rumahan, ternyata masih ada beberapa hal lagi yang perlu diketahui untuk menjadi seorang entrepreneur.

Walaupun Anda tidak perlu mengetahui segalanya untuk menjadi seorang pebisnis, tetapi penting untuk memiliki beberapa pengetahuan dasar yang cukup. Hal ini diperlukan jika nantinya Anda akan mempekerjakan seorang ahli di bidangnya atau minimal untuk melakukan lebih banyak riset.

Setidaknya 6 aspek ini yang perlu dimiliki ketika memulai bisnis rumahan bagi calon wirausaha.

#1 Menulis Rencana Bisnis

Sebelum Anda mulai menjalankan bisnis, sangat penting bagi Anda untuk memiliki rencana bisnis tersebut. Seberapa terperinci dan rumit rencana bisnis tersebut tergantung pada faktor-faktor seperti seberapa banyak waktu dan uang yang diinvestasikan untuk ide bisnis tersebut. Atau, jika dalam rencana bisnis Anda akan menarik investor tentunya semakin terperinci business plan yang dibuat.

Dengan menuliskan rencana bisnis, Anda akan mengetahui dengan sadar bahwa semakin minimnya keahlian di beberapa bidang. Oleh karena itu, Anda perlu membuat rencana bisnis tersebut semakin detail dan lengkap. (Baca Juga: 5 Tips Menulis Rencana Bisnis yang Baik)

#2 Keuangan Bisnis

Ini juga salah satu poin penting dari bisnis yang tak bisa disepelekan begitu saja. Apabila Anda tidak memiliki pemahaman atau pengelolaan keuangan, maka dibutuhkan seseorang yang memang ahli di bidang ini. Ada banyak bisnis yang akhirnya bangkrut hanya karena ketidakmampuan dalam mengelola keuangannya.

Anda perlu memahami dasar-dasar pengelolaan keuangan bisnis, seperti arus kas, jurnal, laporan keuangan, dll. Jika transaksi bisnis yang dilakukan sudah semakin kompleks, mendelegasikan tugas keuangan pada orang yang lebih ahli adalah keharusan.

#3 Marketing / Networking

Sebagai pemilik bisnis rumahan, pastinya Anda perlu membuat produk / jasa dapat diketahui bagi orang-orang yang menjadi target market bisnis. Pemasaran bisnis berkisar dari sekadar menjalin hubungan dengan orang lain yang sebidang sampai membuat rencana marketing dan periklanan dalam rangka menarik calon konsumen.

Aspek marketing / pemasaran ini sering kali menghabiskan modal dan membutuhkan keterampilan. Ada banyak sumber daya informasi yang dapat membantu Anda untuk memahami tentang marketing / pemasaran bisnis lebih lanjut.

#4 Penjualan

Keberadaan penjualan berjalan seiring dengan marketing / networking (memaparkan bisnis kepada calon pelanggan). Pada akhirnya, agar bisnis dapat hidup Anda harus bisa closing dengan penjualan untuk menghasilkan uang.

Jika bisnis yang dipilih adalah sesuatu yang terkait dengan penjualan produk, maka keterampilan dan pengetahuan tentang penjualan itu sendiri adalah kuncinya. Akan tetapi, jika Anda menjual jasa / layanan, penting untuk mengetahui cara closing kesepakatan.

#5 Masalah legalitas / hukum

Banyak pebisnis pemula yang sering kali mengabaikan aspek legalitas / hukum ini. Pada saat bisnisnya mulai berkembang pesat, sering kali terjadi permasalahan terkait aspek hukum yang pada akhirnya menghabiskan banyak energi dan uang untuk menyelesaikannya.

Anda perlu memahami dengan baik aturan-aturan dasar terkait legalitas / hukum bisnis seperti perpajakan, legalitas organisasi, transaksi bisnis, dll. Ada beberapa aspek dalam bidang hukum yang bisa Anda tangani sendiri, tetapi banyak juga yang lebih menyerahkan masalah hukum pada ahlinya yaitu pengacara.

#6 Inventaris

Apabila bisnis rumahan Anda membutuhkan banyak inventaris, maka bisa memunculkan masalah tersendiri bagi Anda. Masalahnya seperti tempat penyimpanan, bagaimana melacak produk, dan seberapa banyak yang harus disimpan.

Ada banyak sumber daya informasi yang bisa Anda manfaatkan untuk memiliki pemahaman mendasar terkait masalah inventaris ini.

Itulah beberapa aspek yang perlu dipahami sebelum memulai bisnis rumahan milik Anda sendiri. Masih bingung ide bisnis rumahan apa yang bisa Anda kerjakan? Setidaknya 7 cara menghasilkan uang dari rumah ini dapat dicoba!

Loading...
Sumber www.thebalancesmb.com