Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.197
-0.14%
Rp15.691
-0.67%
Rp18.236
-1.85%
Rp131
+0.05%
Rp9.556
+0.05%
Rp3.786
-0.17%
Rp2.000
+0.08%
Rp10.347
-0.1%
Rp10.739
-0.24%
Rp14.250
-0.4%
Rp8.873
+0.02%

5 Langkah Memulai Bisnis Online dengan Mudah

0 58

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis online tetapi bingung langkah apa saja yang perlu dilakukan? Apakah Anda tidak yakin bagaimana memulainya? Simak langkah mudah memulai bisnis online dalam artikel ini.

Dalam era digital hari ini terjadi kompetisi yang sangat ketat, termasuk bisnis online. Anda mungkin saja telah menemukan beberapa cara menghasilkan uang secara online. Cara paling umum yang dipilih biasanya pemasaran afiliasi, survei online, Google Adsense, dan masih banyak lagi cara untuk menambah penghasilan Anda.

Akan tetapi, jika Anda salah satu orang yang lebih ambisius dan mendapatkan kebebasan finansial, saatnya untuk melangkah lebih maju dengan menjalankan bisnis online Anda sendiri. Ini adalah cara menghasilkan pendapatan penuh waktu dan memberikan kebebasan waktu dalam menikmatinya.

Langkah apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online? Pastinya, niche bisnis yang dipilih merupakan salah satu yang berpengaruh besar untuk berhasil atau gagalnya bisnis online tersebut. Anda perlu berfokus pada pasar yang memiliki sejumlah besar pembeli. Jika Anda sudah menentukan niche bisnis yang menguntungkan, Anda membutuhkan website yang memadai, memahami pasar dan membuat strategi pemasaran yang tepat untuk target pasar Anda.

Sebagai seorang calon entrepreneur yang bercita-cita tinggi tapi memiliki anggaran terbatas, Anda harus berbagi tujuan yang sama dengan orang lain. Anda perlu menjalin relasi yang cepat dengan jaringan yang solid dan menghasilkan arus kas cukup agar bisnis tetap beroperasi.

Dalam mencapai tujuan tersebut, berikut ini lima langkah penting yang perlu dipertimbangkan saat memulai bisnis online.

#1 Melakukan Riset Pasar dan Mendengarkan Nasihat

Merupakan awal yang bagus untuk mendengarkan pendapat dan memperoleh dukungan dari keluarga, teman, atau kolega terdekat. Akan jauh lebih baik jika Anda bertemu langsung dengan orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia bisnis online secara langsung.

Skenario terburuk dari mereka yang belum pernah berbisnis secara langsung, biasanya selalu menunjukkan kelemahan rencana bisnis yang akan dijalankan dan memaksa secara perlahan membatalkan ide bisnis tersebut. Tidak ada awal yang sempurna, mendapatkan konsultasi bisa jadi menghasilkan saran yang baik.

Langkah terbaik adalah mendapatkan saran dari mentor profesional yang memenuhi syarat dalam memberikan saran tentang target bisnis Anda. Anda juga bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengukur minat aktual terhadap produk atau layanan yang akan disuguhkan.

Kunci terbesar agar dapat sukses di bisnis online (atau bisnis apapun juga) adalah memastikan untuk memilih pasar yang memang menguntungkan. Lihatlah apa yang telah dilakukan oleh para pebisnis online yang telah sukses.

Apabila Anda melihat banyak orang masuk di pasar tersebut, itu merupakan pertanda yang baik karena banyak peluang yang menguntungkan.

#2 Memiliki Website

Ada banyak pebisnis online yang masih takut atau bingung tentang bagaimana memiliki website bisnisnya sendiri. Terlepas dari pengaruh besar media sosial hari ini, website e-commerce tetap bisa menjadi jangkar bisnis online Anda yang sedang berkembang. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk memperkenalkan bisnis Anda lebih pesat.

Ada beberapa langkah mendasar dalam membuat website bisnis dengan anggaran yang minimal, diantaranya:

  • Mempertimbangkan platform website / blog seperti WordPress atau platform CMS lainnya untuk basis bisnis online Anda. (Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari WordPress)
  • Memilih nama domain yang tepat untuk bisnis Anda dan mendaftarkan pada perusahaan yang memiliki reputasi baik.
  • Mencari dan menambahkan plugin bisnis sederhana ke CMS Anda untuk lebih membuat website terlihat profesional.

Website merupakan representasi awal dari penilaian orang tentang bisnis dan kredibilitas Anda. Usahakan untuk menampilkan website yang memang profesional. Ini sama seperti menilai buku dari sampulnya. Memang perlu untuk memberikan kesan pertama yang baik tentang bisnis Anda.

Oleh karena itu, agar tampilah website lebih terlihat profesional, tak ada salahnya berinvestasi dengan mencari web designer profesional untuk mengembangkan website tersebut lebih baik.

#3 Mempelajari Kompetitor Anda

Pastinya, Anda tidak akan berhadapan langsung dengan perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Amazon, dll. Ada banyak pesaing utama yang perlu diwaspadai terlepas dari pangsa pasar yang sebenarnya. Hal ini termasuk kompetitor langsung dan tidak langsung karena disinilah pelanggan ideal Anda berada.

Mesin pencari menawarkan alat komprehensif yang memungkinkan bisnis Anda tetap berada di tren pasar dan diminati. Seiring waktu, Anda tetap harus mencari daftar website kompetitor yang kuat untuk dapat dipelajari di niche bisnis yang dipilih.

Ada 2 kesalahan utama yang dilakukan mayoritas orang dalam memulai bisnis, yaitu:

  1. Berpikir bahwa jika orang lain telah melakukan ide bisnisnya, maka kita tidak perlu melakukannya lagi. Seharusnya, jika banyak orang yang sudah menjalankannya, ini menandakan ide bisnis tersebut menguntungkan dan Anda harus tetap maju.
  2. Berpikir bahwa jika tidak ada yang menjalankan ide bisnis, itu berarti tambang emas yang belum dimanfaatkan. Walaupun terobosan ide-ide baru bisa saja menguntungkan, tetapi kenyataannya jika tidak ada yang menjalankan ide tersebut, berarti tidak ada pasar atau keuntungan dalam ide bisnis tersebut. Jika ada profitabilitas, maka orang lain sudah melakukannya.

Apabila belum melakukannya, buatlah daftar kompetitor di pasar Anda dan pelajari apa saja yang sudah dilakukan oleh kompetitor bisnis.

  • Produk apa yang kompetitor Anda tawarkan?
  • Dimana saja kompetitor Anda beriklan?
  • Apa saja marketing yang sudah mereka lakukan?
  • dan daftar pertanyaan lain yang perlu Anda jawab…

Walaupun Anda tidak ingin meniru persis apa yang dilakukan oleh pesaing bisnis, Anda bisa mempelajari banyak hal dengan melihatnya dan menerapkan hal-hal yang membuat mereka sukses.

#4 Jangan Berhemat pada Penjualan dan Pemasaran

Anda perlu menetapkan target pendapatan dan arus kas bisnis (misalkan, meraih 100 juta untuk penjualan dalam tempo waktu 6 bulan). Sertakan juga, tolak ukur jangka menengah yang memungkinkan bagi Anda untuk mengukur pertumbuhan dan kinerja bisnis online tersebut.

Pilih salah satu atau beberapa platform media sosial untuk mempromosikan tentang bisnis online Anda. Platform medsos seperti Instagram, Facebook, Twitter merupakan yang paling populer. Anda juga bisa mempertimbangkan website yang lebih tertarget dengan bisnis Anda.

Apabila Anda tidak memiliki anggaran promosi yang besar, carilah peluang blogging tamu untuk mempromosikan bisnis online Anda. Biasanya, hal ini memberikan kesempatan untuk memasukkan link balik ke website bisnis Anda. Hal ini adalah langkah terbaik untuk mendapatkan traffic gratis ke website Anda.

#5 Memaksimalkan Usaha Anda

Ada banyak orang yang bisa meraih kesuksesan dari bisnis online walaupun dengan anggaran awal yang terbatas. Ini bukanlah tentang bagaimana menjadi keras kepala, tetapi tentang bagaimana cara cerdas mengembangkan bisnis serta keinginan kuat untuk melihat bisnis bertumbuh.

Setelah Anda membangun kekuatan dan kelemahan bisnis, Anda akan berada di posisi yang lebih baik untuk mengetahui aspek-aspek apa saja yang membutuhkan bantuan dari profesional. Kuncinya adalah terus-menerus mengalihdayakan atau menambah karyawan untuk melakukan tugas-tugas teknis di bisnis tersebut. Sementara Anda berfokus pada aspek-aspek penting dan paling menguntungkan dalam mengembangkan bisnis.

Kesimpulan

Memulai bisnis online Anda sendiri tidak harus ahli dalam banyak bidang, tetapi dibutuhkan kerja nyata agar sukses. Jutaan pebisnis online telah meraih kesuksesan di bidangnya masing-masing.

Mengapa Anda tidak menjadikan bisnis online sebagai cara untuk mendapatkan masa depan yang labih baik seperti para pebisnis online sukses lainnya? Hanya Anda yang bisa menjawabnya!

Loading...
Sumber www.thebalancesmb.com